GEJALA PENYAKIT MATA

Terimakasih telah mengunjungi website obatsakitmata.net , sakit mata merupakan penyakit yang ingin dihindari setiap orang,karena mata merupakan alat indera penglihatan yang sangat vital fungsinya bagi kehidupan. apa jadinya jika indera penglihatan kita mengalami kerusakan seperti terkena penyakit mata minus , penyakit mata plus ,penyakit katarak , rabun jauh , rabun dekat , silinder , maka aktifitas rutinitas kita sehari hari akan terganggu .oleh karena itu kami ingin membahas artikel tentang gejala penyakit mata , ciri ciri penyakit mata , penyebab penyakit mata , supaya anda dapat berwaspada dengan baik agar terhindar dari penyakit mata.Kami juga ingin merekomendasikan kepada anda cara mengobati penyakit mata dengan s lutena .

Gejala Penyakit Mata

Sakit mata? Masalah dengan penglihatan Anda? Air mata berlebih atau mata kemerahan?
Di bawah ini adalah daftar gejala mata umum dan kondisi mata yang mungkin berhubungan. Mencatat jenis gejala yang anda alami penting dalam membantu anda dan dokter mata untuk mengetahui apabila terdapat masalah. Pemeriksaan mata dapat menentukan apa masalahnya dan bagaimana memperbaikinya.

nurse1
                                                             Perawat memeriksa penglihatan pasien

Apakah penglihatan Anda buram atau menyimpang?
Penglihatan buram jangka panjang atau penglihatan menyimpang dapat dikarenakan oleh berbagai penyebab. Penglihatan buram, khususnya ketidakmampuan untuk melihat benda dengan jelas baik jauh atau dekat, merupakan tanda dari kesalahan refraksi sederhana seperti rabun jauh (miopia), rabun dekat (hiperopia), astigmatisma atau presbiopia (rabun tua). Hal ini dapat diperbaiki dengan alat bantu koreksi penglihatan seperti kacamata, lensa kontak dan LASIK.

Penyebab yang lebih serius dari penglihatan buram atau menyimpang adalah degenerasi makular yang berhubungan dengan usia, yang seringkali mempengaruhi penglihatan utama. Benda di tengah bidang pandang terlihat menyimpang, tetapi penglihatan perifer tetap jelas. Kondisi ini tidak dapat dibalikan dan dapat menyebabkan kebutaan bila tidak diobati, maka deteksi dini itu penting.

Apakah penglihatan Anda redup?
Memiliki penglihatan redup atau gelap, seperti ketika anda melihat benda dalam kabut, mungkin merupakan gejala katarak. Kondisi ini, yang berhubungan dengan usia, merupakan kondisi progresif yang dapat menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani. Katarak dapat dengan mudah disingkirkan, maka dari itu penting untuk mendeteksi penyakit ini sedini mungkin. Penglihatan redup dapat juga disebabkan oleh kondisi medis lainnya seperti kekurangan vitamin A, penyakit menular karena hubungan seksual dan tumor mata. Jika anda mengalami penglihatan redup, segera kunjungi dokter mata Anda untuk deteksi dini dan pengobatan.

mata
                                                     Penglihatan normal        Penglihatan redup  

Apakah Anda kehilangan penglihatan perifer?
Apakah Anda mengalami sakit mata?
Jika penglihatan utama anda baik, namun daerah diluar daerah pandang utama anda mulai kurang jelas atau buram, anda mungkin kehilangan penglihatan perifer. Penglihatan perifer bertanggung jawab untuk mendeteksi gerak pada sudut daerah pandang dan merasakan bahaya yang datang. Penglihatan perifer yang lemah dapat membahayakan.

Salah satu penyebab kehilangan penglihatan perifer adalah glaukoma, dimana biasanya tekanan mata tidak normal. Hilangnya penglihatan perifer tidak selalu terdeteksi namun seiring dengan bertambah parahnya glaukoma, mata dapat menjadi sangat nyeri dan menyebabkan kebutaan. Deteksi dini dan pengobatan penting untuk mencegah hilangnya penglihatan.

Apakah mata Anda gatal atau berair?
Jika Anda mengalami gatal berkepanjangan dan mata berair, anda mungkin alergi terhadap serbuk tumbuhan, bulu binatang, atau benda asing lain yang ada di lingkungan anda. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi biasanya tidak sampai menyebabkan hilangnya penglihatan secara signifikan. Mata anda mungkin mudah terkena iritasi dan lelah. Mata kering (dry eyes) juga dapat menyebabkan mata gatal dan berair. Dokter mata Anda dapat menentukan secara akurat  penyebab ketidaknyamanan mata Anda dan menyarankan pengobatan.

Apakah Anda melihat floaters dalam daerah pandang?
Bintik aneh dan gelap yang kadang terlihat dalam daerah pandang anda disebut  dengan floaters. Floaters terjadi pada saat gumpalan vitrous kecil (cairan seperti jeli) di dalam mata lepas dari dinding dalam mata. Melihat floater bisa merupakan indikasi pelepasan vitrous (vitreous detachment), atau masalah yang lebih serius seperti diabetes retinopati yang menyebabkan pembuluh darah pada retina melemah dan pecah. Akibatnya darah masuk ke dalam mata dan membentuk floaters. Floaters juga dapat disebabkan oleh terlepasnya retina (retinal detachment), yang merupakan kondisi serius ketika retina mata lepas dari lapisan lainnya pada mata. Apabila anda melihat floaters, kunjungi dokter mata untuk diagnosa dini dan perawatan.

Apakah Anda melihat kilatan (flashes)?
Flashes tampak seperti lengkungan cahaya yang melintasi daerah pandang, atau terkadang seperti kilatan cahaya. Seperti halnya floaters, flashes merupakan gejala mata yang umumnya berhubungan dengan pelepasan vitrous dan, lebih serius, terlepasnya retina. Jika Anda melihat flashes, kunjungi dokter mata Anda untuk diagnosa dini dan pengobatan.

Masalah penglihatan lain dan Gejalanya
Ada banyak gejala lain yang disebabkan oleh masalah mata. Sakit mata bisa disebabkan oleh goresan pada kornea atau tekanan internal mata, yang mungkin memberikan tanda bahaya terbentuknya glaukoma. Jika anda mengalami pengerakan kelopak mata berlebih, hal ini dapat disebabkan oleh alergi atau infeksi mata seperti mata kemerahan. Jika anda mengalami masalah di atas dengan mata atau penglihatan anda, kunjungi dokter mata anda untuk diagnosa dan perawatan dini.
conjunctivitis

Penyebab Sakit Mata

Penyebab sakit mata bisa dikategorikan menjadi dua kategori besar, yaitu :

1. Sakit dipermukaan mata (ocular)
2. Sakit didalam orbit mata (orbital)

Baiklah kita akan coba bahas penyebab sakit mata yang di dasari dua kategori penyebab diatas :

1. Sakit dipermukaan mata
Rasa sakit di permukaan mata adalah kondisi dimana rasa sakit berasal dari luar struktur permukaan mata, beberapa penyebabnya adalah :

Konjungtivitis adalah salah satu masalah mata yang paling umum. Konjungtivitis biasanya disebabkan oleh alergi, bakteri, kimia, atau peradangan virus dari konjungtiva (membran yang lembut melapisi kelopak mata dan menutupi bola mata).
ciri-ciri sakit mata yang disebabkan oleh konjungtivitis ini adalah
- mata berubah warna menjadi merah muda. rasa sakit biasanya ringan, atau tidak ada rasa sakit sama sekali. Gatal, kemerahan.

Lecet kornea juga penyebab umum sakit mata kornea adalah salah satu bagian pada mata paling transparan, sensitif dan lembut. Lecet biasanya terjadi dikarenakan goresan ke permukaan kornea, seperti dari benda asing atau terlalu sering menggunakan lensa kontak.

Efek Kimia dan luka bakar merupakan penyebab signifikan pada sakit mata. Efek Kimia yang dimaksud berupa asam atau zat basa, seperti pembersih rumah tangga atau pemutih.

Adapun luka bakar biasanya berasal dari sumber cahaya yang kuat, seperti percikan las api atau juga berasal dari matahari dan alat-alat penerangan yang memiliki intensitas cahaya cukup tinggo.
Radang kelopak mata biasanya terjadi dikarenakan kelenjar minyak terpasang di tepi kelopak mata.
penyebab lainnya adalah adanya iritasi mata. ditandai dengan adanya benjolan kecil pada mata Anda, benjolan mata ini dibentuk oleh kelenjar minyak mata yang tidak normal. sehingga menyebabkan iritasi pada mata, rasa sakitnya cukup menyakitkan
2. Sakit didalam orbit mata (orbital)
Sakit Orbital digambarkan sebagai sakit yang terdapat dibagian dalam mata atau di belakang permukaan mata.

Share
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>